Langsung ke konten utama

Menciptakan Reading Time Lebih Asyik dan Bermakna


Kelas Bunda Sayang Batch#2 IIP sudah mulai masuk sejak seminggu yang lalu. Setelah mengamati gaya belajar anak pada game level 4, kali ini kami ditantang untuk menstimulasi anak agar suka membaca. Meski membaca bukanlah hal baru bagi keluarga kami, tantangan kali ini kami jalani dengan berbagai kebaruan agar anak-anak semakin senang membaca. Apakah kebaruan yang coba kami hadirkan dalam tantangan ini?
Pertama, membuat pohon literasi untuk masing-masing anggota keluarga. Pohon literasi adalah pohon yang kami buat dari kertas asturo dan kardus bekas sebagai penyemangat kami untuk terus membaca. Seharusnya ada empat pohon yang kami buat karena anggota keluarga kami ada empat, namun kali ini kami hanya membuat tiga pohon saja yakni pohon untuk Reksa, Saka dan saya sendiri. Saat ini, ayah tidak kami buatkan pohon karena kurang tertarik mengikuti game ini, meski saya tahu ayah pun membaca artikel di sela-sela waktunya bekerja.

Reksa menggunting kertas untuk membuat pohon literasi
Jika sudah selesai membaca, maka kami berhak menuliskan judul buku yang kami baca ke dalam kertas lingkaran kecil-kecil yang kami buat. Karena tidak semua buku selesai kami baca sekaligus, adakalanya kami akan menulis satua atau beberapa bab cerita yang kami baca. Untuk saya yang baru bisa membaca beberapa halaman dalam sehari, maka saya akan menuliskan judul buku beserta halaman berapa sampai berapa. Setelah menuliskannya, kertas lingkaran tersebut kami tempelkan ke masing-masing pohon literasi kami.
Kedua, membacakan buku dengan sepenuh hati. Loh, terus kemarin itu membacakan anak tidak sepenuh hati? Terpaksa saya menjawab pertanyaan ini dengan jawaban “Ya, kadang-kadang”. Kemarin saya memang berusaha membacakan buku setiap waktu. Bukan hanya saat menjelang tidur saja. Namun, juga saat siang hari atau sore hari selepas anak-anak bermain. Tetapi, saya tidak menyangkal jika ada masa dimana saya tidak sepenuh hati membacakan buku. Seperti saat banyak kerjaan rumah tangga dan saat lelah sudah mendera.
Dalam tantangan ini, saya berkomitmen untuk membacakan buku dengan sepenuh hati. Kalaupun ternyata esok anak-anak meminta baca buku di saat saya lelah, saya akan menceritakan kondisi saya yang sesungguhnya pada anak-anak. Saya akan tetap membacakan buku meski sebentar. Anak-anak pasti akan mengerti kondisi bundanya. Jika sudah fresh, saya akan membacakan buku lebih lama dari sebelumnya.

Reksa dan Saka berpose di depan pohon literasi
Ketiga, mendengarkan celoteh anak dengan antusias. Ada satu hal yang menyentak kesadaran saya saat mendapatkan materi “Menstimulasi Anak Suka Membaca”. Yaitu tentang tahapan-tahapan yang perlu dilalui anak sebelum mereka terampil membaca. Tahapan tersebut adalah keterampilan mendengarkan dan ketrampilan berbicara. Saya ingin anak-anak bukan saja terampil membaca, tetapi juga terampil dalam mendengarkan (menyimak) dan terampil berbicara dengan baik. Mendengarkan celoteh anak saat reading time dengan antusias adalah salah satu cara agar mereka terampil mendengarkan dan berbicara. Kedua ketrampilan ini menjadi landasan yang kuat dalam membangun ketrampilan membaca.
Demikian tiga kebaruan yang ingin saya wujudkan dalam tantangan ini. Harapannya, tiga kebaruan ini bisa menjadikan sesi reading time dalam keluarga kami lebih asyik dan bermakna. Bagaimana dengan keluarga Bunda? Kebaruan apa yang sudah Bunda ciptakan agar sesi reading time menjadi lebih asyik dan bermakna?
#KuliahBunsayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL ANAK INDIGO MELALUI NOVEL

  Judul Buku : Misteri Anak Jagung Penulis : Wylvera Windayana Penerbit : PT. Penerbitan Pelangi Indonesia Cetakan : I, Januari 2013 Tebal Buku : 200 halaman Harga : Rp. 48.000,- Anda penasaran mengetahui siapa anak indigo itu, namun malas membaca buku The Indigo Children karya Lee Carroll dan Jan Tober? Saran saya, bacalah Misteri Anak Jagung. Novel remaja pertama yang ditulis oleh Wylvera Windayana ini mengisahkan tentang petualangan anak indigo dalam bingkai cerita misteri. Gantari – tokoh utama novel ini – sering dihantui oleh sosok Anak Jagung. Sosok itu seringkali muncul dalam mimpi-mimpinya. Sosok yang membuat Gantari penasaran sekaligus ketakutan. Selain muncul melalui mimpi, suara tangisan sosok misterius dari arah ladang jagung juga kerap mengusik telinganya. Apakah Legenda Anak Jagung yang diceritakan nenek Gantari itu benar-benar ada? Bersama Delia, Gantari berusaha mengungkap semuanya. Usaha mereka semakin terbuka ...

KRAAAK!

Oleh : Maftuha Jalal Semua penghuni laut sedang sibuk di taman terumbu karang. Ada yang menghias panggung dengan ganggang dan rumput laut. Ada yang latihan paduan suara. Ada juga yang latihan menari dengan diiringi tabuhan cangkang kerang. Namun, ada satu yang tidak bergabung. Dia adalah Lolo Lobster. Lolo Lobster duduk di rumahnya. Matanya menatap sedih ke arah bajunya yang robek. “Bagaimana bisa menari jika bajuku robek begini,” ratap Lolo. Dia teringat latihan-latihannya selama ini. Dia berharap bisa tampil menari di perayaan hari laut sedunia esok hari. Tapi, tadi sewaktu akan berangkat latihan, tanpa tahu kenapa bajunya tiba-tiba robek. Sayup-sayup Lolo mendengar suara cangkang kerang ditabuh. Wah, latihannya sudah mulai. Aduh, bagaimana ini? Aku harus mencari cara agar bisa tetap ikut latihan, pikirnya dalam hati. Dia pun berjalan ke arah lemari. Tapi saat baru menggerakkan tubuhnya ... “ KRAAAK” terdengar sebuah suara di bagian bawah tubuhnya. Lolo melihat ke...

RANGKUMAN MATERI WEBINAR HOMESCHOOLING SESI 2

Lima bulan terakhir ini saya tertarik mempelajari model pendidikan homeschooling. Hari-hari saya berkutat dengan browsing dan browsing tentang apa itu homeschooling. Mengapa bisa begitu? Semua bermula dari kegelisahan saya saat masih tinggal dengan kakak perempuan saya yang mempunyai anak usia SD. Namanya Azkal (9 tahun). Setiap kali belajar bersama ibunya, setiap kali itu pula ia “ribut” dengan ibunya. Ibunya, kakak perempuan saya, merasa sejak duduk di kelas 3, Azkal susah sekali diajak belajar. Menurutnya, guru kelas Azkal kurang kreatif dalam mendidik. Seringkali hanya menyuruh anak mencatat materi pelajaran saja. Beberapa orang tua sudah menyampaikan keluhan tersebut ke pihak sekolah. Sayangnya, keluhan tersebut tidak diimbangi dengan perbaikan di pihak sang guru. Kondisi ini tidak berimbang dengan banyaknya materi pelajaran yang harus dipelajari siswa Sebenarnya materi pelajaran untuk SD kelas 3 belum begitu rumit. Hanya saja, sang guru menggunakan acuan Lembar Kegiatan ...