Langsung ke konten utama

Matematika ; Jembatan Inisiatif Reksa


Sudah lama saya mempunyai angan-angan membuka taman bacaan di rumah. Rasanya sayang sekali jika buku-buku yang ada di rumah hanya kami manfaatkan untuk keluarga sendiri. Akan lebih membahagiakan jika buku-buku tersebut dimanfaatkan juga oleh tetangga sekitar.

Setelah ngobrol panjang dengan seorang sahabat yang lebih dulu membuka taman bacaan di rumah, saya akhirnya memantapkan diri untuk membuka taman bacaan juga. Kerja nyata dimulai hari Sabtu kemarin (2/12/2017), kami membeli rak buku yang ukurannya agak besar. Rak tersebut kami beli dalam bentuk kardusan sehingga harus dirangkai sendiri agar bisa berdiri tegak. 
 
Kondisi rak sebelum buku ditata

Tentu saja yang siap bertugas merangkainya adalah ayah. Awalnya, ayah mengecek semua kayu dan perlengkapan dari pabrik. Setelah dicek bahwa semuanya sesuai yang tertulis dalam buku manual, langkah selanjutnya menyatukan kayu satu dengan perlengkapan yang sesuai. Tujuannya untuk memudahkan dalam proses merangkainya.

Saat menyatukan tersebut, Ayah menulis angka di kertas dan menempelnya di kayu. Dimulai dari angka 1 hingga belasan. Melihat ayah ribet menulis dan menempel, Reksa inisiatif membantu ayahnya.
Yah, Reksa pengen bantu,” ujar Reksa menyampaikan keinginannya pada Ayah.
Ayah melihat ke sekeliling. Masih bingung mau memberi Reksa tugas apa.
Boleh to, Yah? Reksa pengen bantu,” katanya mengulang permintaannya lagi.
Boleh.” Ayah pun mengangsurkan bolpoin dan kertas. “Reksa bagian nulis angka, ya!”
Ya,” jawab Reksa. “Angka berapa, Yah?”
Tulis angka tujuh!” perintah Ayah pada Reksa.
Reksa pun kemudian menulis angka tujuh di kertas kecil. “Ini, yah,” ucapnya sambil memberikan kertas kecil yang sudah ditulisi angka tujuh pada Ayah.
Oya, terima kasih,” balas Ayah sambil menerima kertas. Kertas itupun ditempel plester bening yang kemudian ditempelkannya di kayu. “Tulis lagi angka delapan, ya!”
Reksa kembali menulis angka delapan di secarik kertas, kemudian diberikannya pada Ayah. “Kalau angka 9 kepiye, Yah?” tanya Reksa bingung saat mau menulis angka sembilan.
Sini, lihat, Ayah, yo,” timpal Ayah sambil menuliskan angka sembilan. Reksa memang kadang masih bingung saat mau menulis angka. Yang seharusnya angka tersebut menghadap ke kiri, malah hadapnya ke kanan. Hehe.. Meski demikian, akhirnya Reksa selesai juga membantu ayah menulis angka hingga belasan. 
 
Kondisi rak setelah buku ditata sebagian

Saya senang melihat Reksa punya inisatif membantu ayah. Saya juga senang saat melihat ayah mau melibatkan anak dalam proses ini. Kelihatannya sederhana, tapi dari sinilah kami belajar bersama. Ayah belajar mengapresiasi inisiatif anak. Sedangkan, Reksa belajar bahwa inisiatifnya sangat berharga dalam membantu ayahnya. Dan matematikalah yang menjadi jembatan inisiatif itu terwadahi.

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#IloveMath
#MathAroundUs

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kelompok 8 : Ketika Anakku Jatuh Cinta

Tantangan Perkembangan seksualitas masa kini yang lebih cepat Gaya pacaran yang semakin berani Minimnya pendampingan orang tua, baik karena sibuk atau “kalah” dengan anak Lingkungan pergaulan yang semakin bebas Penyebab Naluri Cinta Terlalu Dini Tontonan baik melalui TV, medsos maupun gadget Haus kasih sayang karena ortu sibuk bekerja Lingkungan Pendidikan Seks (dalam Ulwan, 2007) Fase pertama (tamyiz usia 7-10 tahun), pada masa ini ajari anak tentang etika meminta izin dan memandang sesuatu. Fase kedua (murahaqah usia 10-14 tahun). Pada masa ini hindarkan anak dari berbagai rangsangan seksual. Fase ketiga (baligh, usia 14-16 tahun). Jika anak sudah siap menikah, pada masa ini anak diberi adab tentang mengadakan hubungan seks. Dititiktekankan pada menjaga diri dan kemaluan dari perbuatan tercela apabila belum siap menikah. Peran Ortu mendampingi anak menuju aqil baligh : Dikatakan aqil : dewasa mental, dipengaruhi pendidikan, bertanggung jawab, mandiri, pera...

Pohon Singkong dan Pohon Padi

Memulai langkah pertama memang selalu berat. Termasuk dalam game level 10 kelas Bunsay kali ini. Selalu saja ada alasan bagi saya untuk menunda memulainya. Ya tidak enak badanlah, ya anak sudah tidurlah dan sebagainya. Dan dengan kekuatan bulan, akhirnya saya memaksa diri untuk memulai day 1. Sore hari saat anak-anak tiduran di kamar, saya memberitahu mereka bahwa bundanya ingin mendongeng. "Asyiiik," pekik Reksa dan Saka senang. "Nanti kalau bagus, Reksa bilang bagus ya, Bun." Reksa berinisiatif menjadi jurinya. "Ya. Seumpama kurang bagus, bilang kurang bagus, ya." "Oke." "Judulnya pohon singkong dan pohon padi," Saya memulai cerita dengan menyebut judul dongeng itu. Dikisahkan dalam dongeng tersebut, pohon singkong sedang bersedih karena manusia tidak suka makan singkong. Manusia lebih suka makan nasi. Padahal, sebelum pohon padi sebanyak sekarang, dulu kan manusia makannya singkong. Kenapa sekarang mereka tidak suka singkon...

Kehidupan Binatang Laut

Hari ketiga saya tidak mendongeng. Tetapi menceritakan tentang kehidupan makhluk hidup di laut. Kebetulan Saka senang sekali jika kami menceritakan tentang fakta unik binatang. Dimulai dari binatang laut seperti ikan lumba-lumba. Saya bercerita pada anak-anak, bahwa lumba-lumba berbeda dengan ikan lainnya. Dalam berkembang biak, dia tidak bertelur. Tetapi beranak. "Berarti ikannya hamil ya, Bun?" tanya Reksa. "Iya." "Wah, podo Bunda," celetuk Saka. "Hehe..." Kami tertawa bersama. "Lumba-lumba juga menyusui, lho. Ada lubang di bagian bawah ikan yang bisa mengalirkan susu." jelas Saya. "Wah, keren, ya." Bu Lek Ida ikut takjub. "Kalau bernapas tidak menggunakan insang. Tapi menggunakan paru-paru. Makanya lumba-lumba sering muncul ke permukaan laut." "Lumba-lumba itu pinter ya, Bun?" tanya Reksa. "Iya, pinter. Bisa berhitung." Perbincangan kami pun melebar hingga ke pertunjukan lumba-lum...