Langsung ke konten utama

Reksa Senang Bermain di Kids Corner


Minggu kemarin (14/1/2018) saya mengikuti Workshop A Home Team yang diselenggarakan oleh IIP Jogja. Workshop yang acaranya bertempat di Grand Palace Hotel ini dihadiri langsung oleh founder IIP, Ibu Septi Peni Wulandani dan Bapak Dodik Maryanto. Awalnya saya berniat datang sendiri, namun kemudian ayahe dan anak-anak memutuskan untuk ikut ke hotel. Jadilah, kami berangkat bersama-sama satu hari sebelum acara dimulai.

Satu hari jelang acara, saya bilang ke Reksa dan Saka bahwa besok bunda mau belajar seharian. Anak-anak bermain bersama teman di Kids Corner, ya. Reksa langsung mengangguk senang. Dia memang anak yang senang punya teman baru. Bagaimana dengan Saka? Dia maunya tetap bersama saya. Hehe..

Pagi hari empat puluh lima menit sebelum acara dimulai, saya dan anak-anak sudah sampai di lokasi. Reksa dan Saka saya ajak masuk Kids Corner. Mereka langsung senang karena di dalamnya ada mainan anak, seperti lego, berbagai manik-manik untuk meronce dan buku anak. Reksa langsung merangkai balok huruf. Sedangkan Saka langsung bermain lego. Setelah memastikan mereka aman, saya meminta izin pada mereka untuk masuk ruangan workshop.

Saat memasuki ruangan workshop, ternyata saya adalah peserta yang pertama kali datang. Ruangan masih sepi. Hanya ada beberapa panitia yang sengaja datangnya lebih awal. Saya pun mengisi presensi dan meletakkan godie bag di kursi nomer dua. Kemudian saya kembali ke Kids Corner untuk bermain bersama anak-anak. Daripada di ruangan sendiri mending menemani anak-anak, pikir saya waktu itu.

Melihat saya masuk di Kids Corner, Saka malah rewel minta main bersama saya. Dia tidak mau berada di Kids Corner bersama teman-temannya. Saya berusaha menunjukkan berbagai mainan. Tapi, tetap saja dia gigih untuk tetap bersama saya. Hehe.. Jadilah saya menghubungi ayahe agar mau menemani Saka bermain. Sesaat kemudian, ayahe datang dan membawa Saka turun ke kamar.

Bagaimana dengan Reksa? Dia justru excited dengan mainan yang ada di sana. Dia memainkan balok huruf dan juga mainan berupa buah-buahan. Reksa juga sudah punya beberapa teman yang baru saja dikenalnya. Satu hal yang sangat saya syukuri. Jadi, saya tidak khawatir lagi melepas Reksa hingga acara selesai.

Benar saja, saat saya menengok Reksa pada waktu-waktu istirahat, dia masih asyik dengan teman-temannya. Lagipula saat itu ada Kak Alya, salah satu teman yang sudah dikenal Reksa. Mereka berdua asyik mengikuti kegiatan yang dipandu oleh Kakak-Kakak Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Saat makan siang pun, Reksa memilih tetap berada di Kids Corner bersama teman-temannya.

Sifat kooperatif Reksa dengan bermain di Kids Corner, sangat saya apreasiasi. Karena dengan berada di Kids Corner itu berarti Reksa berani berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman-teman dan kakak pendamping yang baru dikenalnya. Ketrampilan ini menjadi pintu pembuka bagi pembelajaran-pembelajaran Reksa di dunia nyata selanjutnya.

#Tantangan10Hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINOPSIS FILM SPIRITED AWAY

Judul Asli : Sen to Chihiro no KamikakushiNegara : Jepang Tahun : 2001 Sutradara : Hayao Miyazaki Pengisi Suara : Rumi Hiiragi, Miyu Irino, Mari Natsuki Durasi : 125 menit
Hampir sebagian besar anak-anak takut hantu. Padahal saat ditanya, apakah mereka sudah pernah melihat hantu, bisa dipastikan mereka akan menggelengkan kepala. Ya, anak-anak hanyalah merekam apa yang orang lain katakan. Bahwa hantu itu ada dan menyeramkan. Lantas rekaman tersebut memenuhi ingatan mereka sehingga membuat mereka takut. Bagaimana jika anak-anak kita ajak menonton film hantu? Tentu saja bukan untuk menakuti, namun untuk merubah pandangan anak-anak tentang hantu. Film Spirited Away adalah salah satu film animasi dari Jepang yang layak ditonton anak-anak. Meskipun bercerita tentang dunia hantu, bentuk hantu dan adegan dalam film ini sama sekali tidak menyeramkan. Justru film ini bisa mengurangi stereotype bahwa hantu itu menakutkan. Menurut Wikipedia, Spirited Away dirilis di Jepang pada tanggal 20 Juli 2001…

MENGENAL ANAK INDIGO MELALUI NOVEL

Judul Buku : Misteri Anak Jagung Penulis : Wylvera Windayana Penerbit : PT. Penerbitan Pelangi Indonesia Cetakan : I, Januari 2013 Tebal Buku : 200 halaman Harga : Rp. 48.000,-

Anda penasaran mengetahui siapa anak indigo itu, namun malas membaca buku The Indigo Children karya Lee Carroll dan Jan Tober? Saran saya, bacalah Misteri Anak Jagung. Novel remaja pertama yang ditulis oleh Wylvera Windayana ini mengisahkan tentang petualangan anak indigo dalam bingkai cerita misteri. Gantari – tokoh utama novel ini – sering dihantui oleh sosok Anak Jagung. Sosok itu seringkali muncul dalam mimpi-mimpinya. Sosok yang membuat Gantari penasaran sekaligus ketakutan. Selain muncul melalui mimpi, suara tangisan sosok misterius dari arah ladang jagung juga kerap mengusik telinganya. Apakah Legenda Anak Jagung yang diceritakan nenek Gantari itu benar-benar ada? Bersama Delia, Gantari berusaha mengungkap semuanya. Usaha mereka semakin terbuka saat keduanya mengenal Aldwin, seorang anak indigo yang…

RANGKUMAN MATERI WEBINAR HOMESCHOOLING SESI 2

Lima bulan terakhir ini saya tertarik mempelajari model pendidikan homeschooling. Hari-hari saya berkutat dengan browsing dan browsing tentang apa itu homeschooling. Mengapa bisa begitu? Semua bermula dari kegelisahan saya saat masih tinggal dengan kakak perempuan saya yang mempunyai anak usia SD. Namanya Azkal (9 tahun). Setiap kali belajar bersama ibunya, setiap kali itu pula ia “ribut” dengan ibunya. Ibunya, kakak perempuan saya, merasa sejak duduk di kelas 3, Azkal susah sekali diajak belajar. Menurutnya, guru kelas Azkal kurang kreatif dalam mendidik. Seringkali hanya menyuruh anak mencatat materi pelajaran saja. Beberapa orang tua sudah menyampaikan keluhan tersebut ke pihak sekolah. Sayangnya, keluhan tersebut tidak diimbangi dengan perbaikan di pihak sang guru. Kondisi ini tidak berimbang dengan banyaknya materi pelajaran yang harus dipelajari siswa Sebenarnya materi pelajaran untuk SD kelas 3 belum begitu rumit. Hanya saja, sang guru menggunakan acuan Lembar Kegiatan Sisw…