Langsung ke konten utama

DAY 10 : Tantangan 10 Hari Menstimulasi Anak Suka Membaca


Setelah seminggu lebih, anak-anak membaca buku fiksi, Rabu (8/11/2017) kemarin anak-anak minta baca buku non fiksi. Saka mengambil buku “Pintar Sains 3” dari rak lemari. Buku tebal yang sebenarnya untuk anak usia SD itu sering kami buka bersama karena Saka senang melihat gambar didalamnya. Terutama gambar makhluk hidup pada zaman dulu, seperti dinosaurus.

Buku Pintar Sains 3
Ma, ini apa?” tanya Saka saat melihat seekor binatang besar yang bisa terbang.
Oh, ini pteranodon. Binatang yang bisa terbang. Badannya besar.”
Saya pun kemudian membuka buku itu sambil menjelaskan bahwa dahulu saat awal-awal bumi ada, terdapat berbagai makhluk hidup yang ukurannya besar-besar. Seperti dinosaurus dan pteranodon ini. Namun, lama kelamaan hewan besar itu punah karena terjadi bencana besar di bumi.
Punah itu apa, Bunda?” tanya Reksa di sela-sela penjelasan saya.
Punah itu mati semua. Tidak tersisa. Yang saat ini ada tinggal telur, tapak kaki dan tulang belulangnya yang sudah membatu. Ini, contoh fosilnya,” Saya menunjukkan gambar fosil telur dinosaurus.
Kok bisa membatu, Bunda?”
Karena terkubur lama di dalam tanah.”
Sambil tiduran, kami berbincang hangat tentang dinosaurus. Terus terang saya kurang begitu menguasai topik ini. Hanya pengetahuan global yang kurang mendalam. Perbincangan malam kemarin menyisakan PR untuk saya agar lebih mendalami topik bahasan yang akan kita diskusikan terlebih dahulu. Termasuk juga merencanakan aktivitas anak setelah sesi reading time agar lebih menarik.

Saka berpose di depan pohon literasinya

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KualiahBunsayIIP
#ForThingsChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINOPSIS FILM SPIRITED AWAY

Judul Asli : Sen to Chihiro no KamikakushiNegara : Jepang Tahun : 2001 Sutradara : Hayao Miyazaki Pengisi Suara : Rumi Hiiragi, Miyu Irino, Mari Natsuki Durasi : 125 menit
Hampir sebagian besar anak-anak takut hantu. Padahal saat ditanya, apakah mereka sudah pernah melihat hantu, bisa dipastikan mereka akan menggelengkan kepala. Ya, anak-anak hanyalah merekam apa yang orang lain katakan. Bahwa hantu itu ada dan menyeramkan. Lantas rekaman tersebut memenuhi ingatan mereka sehingga membuat mereka takut. Bagaimana jika anak-anak kita ajak menonton film hantu? Tentu saja bukan untuk menakuti, namun untuk merubah pandangan anak-anak tentang hantu. Film Spirited Away adalah salah satu film animasi dari Jepang yang layak ditonton anak-anak. Meskipun bercerita tentang dunia hantu, bentuk hantu dan adegan dalam film ini sama sekali tidak menyeramkan. Justru film ini bisa mengurangi stereotype bahwa hantu itu menakutkan. Menurut Wikipedia, Spirited Away dirilis di Jepang pada tanggal 20 Juli 2001…

MENGENAL ANAK INDIGO MELALUI NOVEL

Judul Buku : Misteri Anak Jagung Penulis : Wylvera Windayana Penerbit : PT. Penerbitan Pelangi Indonesia Cetakan : I, Januari 2013 Tebal Buku : 200 halaman Harga : Rp. 48.000,-

Anda penasaran mengetahui siapa anak indigo itu, namun malas membaca buku The Indigo Children karya Lee Carroll dan Jan Tober? Saran saya, bacalah Misteri Anak Jagung. Novel remaja pertama yang ditulis oleh Wylvera Windayana ini mengisahkan tentang petualangan anak indigo dalam bingkai cerita misteri. Gantari – tokoh utama novel ini – sering dihantui oleh sosok Anak Jagung. Sosok itu seringkali muncul dalam mimpi-mimpinya. Sosok yang membuat Gantari penasaran sekaligus ketakutan. Selain muncul melalui mimpi, suara tangisan sosok misterius dari arah ladang jagung juga kerap mengusik telinganya. Apakah Legenda Anak Jagung yang diceritakan nenek Gantari itu benar-benar ada? Bersama Delia, Gantari berusaha mengungkap semuanya. Usaha mereka semakin terbuka saat keduanya mengenal Aldwin, seorang anak indigo yang…

RANGKUMAN MATERI WEBINAR HOMESCHOOLING SESI 2

Lima bulan terakhir ini saya tertarik mempelajari model pendidikan homeschooling. Hari-hari saya berkutat dengan browsing dan browsing tentang apa itu homeschooling. Mengapa bisa begitu? Semua bermula dari kegelisahan saya saat masih tinggal dengan kakak perempuan saya yang mempunyai anak usia SD. Namanya Azkal (9 tahun). Setiap kali belajar bersama ibunya, setiap kali itu pula ia “ribut” dengan ibunya. Ibunya, kakak perempuan saya, merasa sejak duduk di kelas 3, Azkal susah sekali diajak belajar. Menurutnya, guru kelas Azkal kurang kreatif dalam mendidik. Seringkali hanya menyuruh anak mencatat materi pelajaran saja. Beberapa orang tua sudah menyampaikan keluhan tersebut ke pihak sekolah. Sayangnya, keluhan tersebut tidak diimbangi dengan perbaikan di pihak sang guru. Kondisi ini tidak berimbang dengan banyaknya materi pelajaran yang harus dipelajari siswa Sebenarnya materi pelajaran untuk SD kelas 3 belum begitu rumit. Hanya saja, sang guru menggunakan acuan Lembar Kegiatan Sisw…