Langsung ke konten utama

DAY 7 : Tantangan 10 Hari Menstimulasi Anak Suka Membaca


Hari Minggu (5/11/2017), Reksa minta dibacakan buku Seri Cinta Lingkungan “Yuk, Selamatkan Bumi!” karya Kak Tethy Ezokanzo. Dalam buku ini terdapat dua judul cerita yakni “Yuk, Hemat Kertas” dan “Yuk, Hemat Listrik dan Air”. Di halaman sampul buku ini terdapat label “Semi Komik”. Artinya, cerita dalam buku tidak melulu dalam bentuk tulisan memanjang saja. Namun, juga disertai dengan gambar seperti komik.
Keunikan dari buku ini, Reksa bisa memilih jalan ceritanya sendiri. Jadi, dalam buku ini terdapat berbagai pilihan sikap. Semisal, Rei, tokoh utama dalam cerita “Yuk, Hemat Kertas” sewaktu menggambar kupu-kupu, gambarnya malah miring. Dalam halaman itu juga, nanti Reksa diminta memilih apa yang sebaiknya dilakukan Rei? Menghapusnya, mengambil kertas baru atau membuang kertas gambar? Pilihan sikap Reksa itu nanti akan mengarah pada satu jalan cerita tertentu. 

Buku "Yuk, Selamatkan Bumi!"
 
Meski ceritanya panjang, Reksa cukup asyik membaca buku ini karena dia dilibatkan dalam memilih alur ceritanya. Jenis bukunya yang semi komik juga memudahkan Reksa memahami maksud dari cerita tersebut. Rupanya satu buku yang berisi dua cerita ini, tidak cukup bagi Reksa. Dia minta dibacakan buku lain yang masih dalam satu seri yakni “Yuk, Cegah Banjir!”. Dalam buku ini terdapat dua cerita juga, yakni “Yuk, Cegah Banjir” dan “Yuk, Buang Sampah Pada Tempatnya”.
Adapun manfaat dari membaca kedua buku ini adalah :
  • Belajar konsekuensi dan melatih konsentrasi dengan memilih cerita sendiri
  • Mengetahui cara menghemat kertas dan listrik
  • Mengetahui penyebabab banjir dan menghindarinya
  • Mengetahui bagaimana alam bermanfaat bagi manusia
  • Mengajarkan kebiasaan baik, sehat dan ramah lingkungan
  • Menumbuhkan kesadaran lingkungan
Melihat tema bahasannya, kedua buku di atas memang lebih pas untuk Reksa. Meski demikian, Saka pun turut asyik menyimaknya. Dia ikut tertawa saat melihat tokoh dalam buku tersebut menemukan sandal di selokan. “Hehehe.. Kok sandalnya disitu, Ma?” tanya Saka bingung. Saya pun menjelaskan mengapa sandalnya bisa sampai masuk selokan. Mengapa selokan yang mampet bisa berakibat banjir dan seterusnya. 

Buku "Yuk, Cegah Banjir!"
 
Setelah membaca buku ini, kami kemudian mengobrol panjang tentang kemungkinan terjadinya banjir dan tsunami di tempat tinggal kami. Apa yang bisa kami lakukan agar bencana tersebut tidak terjadi. Reksa mengusulkan untuk menanam pepohonan dan tanaman bunga. Berhubung saat ini musim hujan, saya pun punya keinginan untuk mewujudkan usul Reksa tersebut.

#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KualiahBunsayIIP
#ForThingsChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kelompok 8 : Ketika Anakku Jatuh Cinta

Tantangan Perkembangan seksualitas masa kini yang lebih cepat Gaya pacaran yang semakin berani Minimnya pendampingan orang tua, baik karena sibuk atau “kalah” dengan anak Lingkungan pergaulan yang semakin bebas Penyebab Naluri Cinta Terlalu Dini Tontonan baik melalui TV, medsos maupun gadget Haus kasih sayang karena ortu sibuk bekerja Lingkungan Pendidikan Seks (dalam Ulwan, 2007) Fase pertama (tamyiz usia 7-10 tahun), pada masa ini ajari anak tentang etika meminta izin dan memandang sesuatu. Fase kedua (murahaqah usia 10-14 tahun). Pada masa ini hindarkan anak dari berbagai rangsangan seksual. Fase ketiga (baligh, usia 14-16 tahun). Jika anak sudah siap menikah, pada masa ini anak diberi adab tentang mengadakan hubungan seks. Dititiktekankan pada menjaga diri dan kemaluan dari perbuatan tercela apabila belum siap menikah. Peran Ortu mendampingi anak menuju aqil baligh : Dikatakan aqil : dewasa mental, dipengaruhi pendidikan, bertanggung jawab, mandiri, pera...

Pohon Singkong dan Pohon Padi

Memulai langkah pertama memang selalu berat. Termasuk dalam game level 10 kelas Bunsay kali ini. Selalu saja ada alasan bagi saya untuk menunda memulainya. Ya tidak enak badanlah, ya anak sudah tidurlah dan sebagainya. Dan dengan kekuatan bulan, akhirnya saya memaksa diri untuk memulai day 1. Sore hari saat anak-anak tiduran di kamar, saya memberitahu mereka bahwa bundanya ingin mendongeng. "Asyiiik," pekik Reksa dan Saka senang. "Nanti kalau bagus, Reksa bilang bagus ya, Bun." Reksa berinisiatif menjadi jurinya. "Ya. Seumpama kurang bagus, bilang kurang bagus, ya." "Oke." "Judulnya pohon singkong dan pohon padi," Saya memulai cerita dengan menyebut judul dongeng itu. Dikisahkan dalam dongeng tersebut, pohon singkong sedang bersedih karena manusia tidak suka makan singkong. Manusia lebih suka makan nasi. Padahal, sebelum pohon padi sebanyak sekarang, dulu kan manusia makannya singkong. Kenapa sekarang mereka tidak suka singkon...

Kehidupan Binatang Laut

Hari ketiga saya tidak mendongeng. Tetapi menceritakan tentang kehidupan makhluk hidup di laut. Kebetulan Saka senang sekali jika kami menceritakan tentang fakta unik binatang. Dimulai dari binatang laut seperti ikan lumba-lumba. Saya bercerita pada anak-anak, bahwa lumba-lumba berbeda dengan ikan lainnya. Dalam berkembang biak, dia tidak bertelur. Tetapi beranak. "Berarti ikannya hamil ya, Bun?" tanya Reksa. "Iya." "Wah, podo Bunda," celetuk Saka. "Hehe..." Kami tertawa bersama. "Lumba-lumba juga menyusui, lho. Ada lubang di bagian bawah ikan yang bisa mengalirkan susu." jelas Saya. "Wah, keren, ya." Bu Lek Ida ikut takjub. "Kalau bernapas tidak menggunakan insang. Tapi menggunakan paru-paru. Makanya lumba-lumba sering muncul ke permukaan laut." "Lumba-lumba itu pinter ya, Bun?" tanya Reksa. "Iya, pinter. Bisa berhitung." Perbincangan kami pun melebar hingga ke pertunjukan lumba-lum...